Header

Rabu, 27 Maret 2013


You Know....?? Pekikan Hidup POLITEKNIK!! bersuara keras disana...tampak disorot itu adalah Kumpulan Mahasiswa Politeknik se Indonesia yang bersatu,brkmpul bersama dan meneriakkan jargon POLITEKNIK melawan jargon dari kampus2 besar laiinya...... tampak almamaternya berwarna warni ada dari PNJ, Polban, PPNS,PENS, POLTEK SAKTI, POltek Kupang,dsb..... 

Hidup Politeknik!

(foto suasana malam penganugrahan PIMNAS XXV - UMY Yogyakarta, 9 -12 Juli 2012)

·         FKMPI (Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia) didirikan pada tanggal 12 September 1998 di Semarang. Dibentuk ditengah-tengah masa ketika era orde baru digoyang oleh sejumlah pergerakan yang hingga akhirnya kekuasaan tirani orde baru tumbang oleh pergerakan massa dari berbagai lapisan masyarakat yang dipelopori oleh kaum cerdik cendekia bernama mahasiswa pada masa itu. 

Pada awal masa berdirinya, FKMPI menjadi organisasi kemahasiswaan taktis yang mewadahi pergerakan mahasiswa politeknik seluruh Indonesia dan bertujuan sebagai penjalin komunikasi dalam berbagi informasi yang ada antar mahasiswa Politeknik se Indonesia.

Tahun 2000-2005 FKMPI mengalami kevakuman. Tidak ada pergerakan forum ini selama kurun waktu tersebut. Forum ini diaktifkan kembali pada periode 2005/2006 didorong oleh kesadaran penuh dalam menghadapi realitas persoalan bangsa, dengan bekal moral dan intelektual memberikan solusi-solusi aktif bagi kemajuan bangsa. FKMPI bertekad melakukan perbaikan-perbaikan bangsa dengan mengoptimalkan potensi keahlian praktis yang dimiliki oleh mahasiswa politeknik untuk diaplikasikan langsung dalam masyarakat. Pola pergerakan FKMPI yang ketika awal berdirinya merupakan pergerakkan taktis sejak 2005 diperluas ke arah sosial masyarakat yang berjalan secara berkelanjutan hingga saat ini melalui program-program kemasyarakatan dalam bentuk Desa Binaan dan Tanggap Sosial. 

FKMPI bertekad untuk senantiasa memperjuangkan kemajuan bangsa melalui segenap potensi yang dimiliki oleh politeknik. Dan diharapkan dengan terbentuknya forum ini bisa menjadi wadah yang dapat mencetak solusi-solusi bagi perbaikan bangsa.

·         Pada periode 2012/2013 ini, FKMPI telah dan akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kerja sama yang dibangun meliputi kerja sama dengan lembaga pemerintah, industri, swasta, maupun lembaga sosial lainnya.

Dengan lembaga pemnerintah, FKMPI menjalin kerja sama dengan Dirjen Dikti. Dalam audiensi dengan Direktur Kelembagaag dan Kemahasiswaan DIKTI, Prof. Dr. Illah Sailah didapatkan banyak hal masukan untuk FKMPI ke depan dalam hal dukungan moriil maupun materiil dari Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Selain hal yang disebutkan di atas, FKMPI di seluruh Indonesia juga sudah menggandeng banyak rekanan kerja sama baik dari pemerintah, industri, lembaga sosial, maupun lembaga swasta lainnya. Kemitraan strategis dengan lembaga-lembaga tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan produktifitas FKMPI dalam rangkan menyejahterakan bangsa dan menyosialisasikan FKMPI. Kini saatnya Politeknik berjaya!!!
Apa Saja Program FKMPI??

1. Musyawarah Nasional
2. Rapat Koordinasi Wilayah
3. Musywarah Daerah
4. Seminar Nasional
5. Desa Binaan
6. Mentoring Project
7. Tanggap Bencana
8. Bakti Sosial
9. Respon terhadap isu nasional
10. Komunikasi dan kerjasama dengan pihak manajemen kampus, pemerintah dan industri yang bersifat simbiosis-mutualis dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan nasional, serta mendorong terwujudnya kesejahteraan rakyat secara signifikan.
11. Kajian-kajian ilmiah mahasiswa Politeknik
12. Diskusi publik kemahasiswaan Politeknik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar